Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Tuesday October 17, 2017
Home  //  Frontpage  //  Frontpage  //  Sosialisasi Lubang Resapan Biopori di Akmil Magelang
  • Register

Choose Language

Indonesian English

BERITA TERKINI

                                    

AUN-QA ASSESSMENT AT PROGRAM LEVEL

BOGOR, 30 May – 1 June 2017

Study Program of Land Resource Management - Faculty of Agriculture

Selamat Datang di Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Ketua Departemen ITSL Dr Ir Baba BarusDepartemen   Ilmu  Tanah  dan  Sumberdaya  Lahan  berkomitmen  melaksanakan  pendidikan dan pengembangan  ilmu-ilmu  tanah  dan  sumberdaya  lahan  bermutu  tinggi,  yang  ditunjukkan oleh dosen dengan kualifikasi tinggi dan pengelolaan manajemen  yang professional  serta menerapkan ilmu-ilmu tersebut ke masyarakat untuk pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2015/2016

Penerimaan Mahasiswa Baru

KENAPA PILIH ITSL?

  Submit Akreditasi Internasional AUN QA
  Terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
  Pusat Keunggulan Dalam Pendidikan, Penelitian dan Pelayanan Kepada
         Masyarakat Pada Bidang Ilmu-Ilmu Tanah Dan Sumberdaya Lahan
  Lulusan Dapat Bekerja Di Bidang Pertanian, Badan Pertanahan Nasional,
         Perkebunan, Surveyor Tanah, Peneliti, Departemen Lingkungan Hidup,
         Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Pertambangan,
         Perusahaan Swasta, dosen/staf pengajar, dll.

30
Mar 2012
Print
Email

Magelang, Selasa (27/3/12). Ir. Kamir R.Brata, MSc. peneliti dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) terus menggalakkan manfaat Lubang Resapan Biopori (LRB). Kali ini Kamir R. Brata didampingi Gubernur Akademi Militer (Akmil), Mayor Jendral Bachtiar, SIP di hadapan pejabat dan prajurit di komplek Akademi Militer Magelang kembali mensosialisasikan manfaat Lubang Resapan Biopori.

Magelang, Selasa (27/3/12). Ir. Kamir R.Brata, MSc. peneliti dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) terus menggalakkan manfaat Lubang Resapan Biopori (LRB). Kali ini Kamir R. Brata didampingi Gubernur Akademi Militer (Akmil), Mayor Jendral Bachtiar, SIP di hadapan pejabat dan prajurit di komplek Akademi Militer Magelang kembali mensosialisasikan manfaat Lubang Resapan Biopori.

Lubang berdiameter 10 cm dengan kedalaman 100 cm bukan hanya untuk meresapkan air ke tanah tetapi bermanfaat untuk memanfaatkan sampah organik untuk makanan organisme di dalam tanah yang dapat menciptakan biopori untuk memperlancar peresapan air hujan ke dalam tanah. Menurut Kamir R.Brata, manfaat lainnya adalah mempermudah pelaksanaan penanganan sampah dengan 3 R (reduce, reuse, dan recycle) di tempat terdekat dengan sumbernya, sehingga tidak memerlukan pengangkutan dan tempat pembuangan ke tempat lain. Dengan demikian tidak perlu adanya penumpukan sampah di permukaan tanah.

Sampah organik yang dihasilkan setiap rumah tangga dimasukkan ke dalam tanah segera dimanfaatkan keaneka-ragaman hayati dalam tanah, yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca (CO2 dan metan). Sampah tidak lapuknya dapat mempermudah para pemulung untuk didaur ulang. Air hujan yang cepat meresap ke dalam tanah sebagai simpanan air untuk menjamin ketersediaan air di musim kemarau. Bila setiap manusia yang memerlukan air dan menghasilkan sampah mau melakukan pemanfaatan air hujan dan sampahnya di kaplingnya masing-masing; maka bumi tidak akan terlalu haus seperti dipesankan pada peringatan Hari Air Dunia 22 Maret lalu, tetapi juga bumi tidak akan lapar. Kenekaragaman hayati di dalam tanah cukup air dan makanan sehingga terus bekerja secara sinergis dengan keanekaragaman hayati di atas muka tanah.

Semoga pada peringatan Hari Bumi 22 April nanti akan membawa kesadaran baru bagi manusia penghuni bumi ini berbuat nyata di tempatnya. Hal ini disampaikan Kamir R.Brata dalam presentasinya di hadapan ratusan Prajurit TNI Angkatan Darat pada keluarga besar kesatuan Akademi Militer. Sosialisasi manfaat LRB ini akan berlangsung selama tiga hari, Selasa 27/3 di Gedung Sudirman Panca Arga 1 dan Rabu 28/3 di Akademi Militer, Kamis 29//3 di Komplek Perumahan Panca Arga Magelang, Jawa Tengah. Selain itu dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Persit Kartika Chandra Kirana pengurus cabang Berdiri Sendiri Akmil juga melakukan kegiatan lain seperti lomba balita sehat dan pendidikan usia dini antar cabang sejajaran Cabang BS Akmil. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Akmil menandaskan bahwa kerusakan alam telah berlangsung terus-menerus, seperti penebangan hutan yang tidak dibarengi penanaman kembali. Jika ada penghijauan atau penanaman pohon pun biasanya hanya bersifat seremonial belaka, sangat sedikit sekali yang benar-benar melaksanakan penghijauan dengan baik. ”Di lingkungan Akmil ini setiap hari menghasilkan 600 karung sampah organik yang kita buang. Sekarang kita sedang merancang teknik pengolahan sampah-sampah kita sendiri. Untuk memaksimalkan rencana menyelesaikan sampah ini, kita sekarang mengundang Bapak Kamir R.Brata untuk membantu kita dengan teknologi LRB, ” jelasnya.

enter

Sumber: Berita IPB

Baca Juga:

http://www.bisnis.com/articles/pembuatan-lubang-resapan-biopori-digalakkan

http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/27/12163212/Sosialisasi.Lubang.Resapan.Biopori.di.Akmil.Magelang

SAR for Land Resource Management

SAR LRM

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015

Download Leaflet

Social Media

Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Find Us

Twitter

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Guests Online

We have 87 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
1102009

Jurnal Tanah dan Lingkungan

Pedoman Penentuan Daya Dukung & Daya Tampung Lingkungan Hidup

Info Beasiswa

  • Tawaran Beasiswa dari KDI School of Public Policy and Management, Info lengkap klik disini
  • Sekolah Pascasarjana UGM menawarkan beasiswa program Magister (S2) bidang multidisiplin, informasi lengkap klik di sini
  • Tawaran Beasiswa Pemerintah Australia Informasi lengkap klik di sini atau dapat mengunjungi website: www.australiaawards.gov.au

Info Lowongan

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Wing 12 Level 5
Jl. Meranti, Kampus IPB Darmaga Bogor 16680 West Java, Indonesia
Telephone: +62 251 629 360, 629 354 Ext. 1251, Fax: +62 251 629 358

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.