Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Thursday July 27, 2017
Home  //  Akademik  //  Peluang Kerja Lulusan
  • Register

Choose Language

Indonesian English
Print
Email

Peluang Kerja Lulusan

Written by Super User
Category: Akademik

Lulusan Dapat Bekerja Di Bidang Pertanian, Badan Pertanahan, Perkebunan, Surveyor Tanah, Peneliti, Departemen Lingkungan Hidup, Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Pertambangan, Perusahaan Swasta, dosen/staf pengajar, dll.

Studi pelacakan untuk mengevaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada pengguna lulusan, diikuti dengan komunikasi menggunakan fax, telepon dan email.  Kami juga memanfaatkan kegiatan Temu Alumni (Pulang Kandang) untuk mendistribusikan kuesioner kepada alumni yang memiliki staf alumni MSL. Temu Alumni (Pulang Kandang) yang terakhir dilaksanakan pada Juni 2010. Sebagian dari alumni telah menduduki sebuah jabatan di beberapa instansi pemerintah (Dept. Pertanian, BPTP Lampung, Balai Besar Penelitian Padi, Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian, PPKS Medan, dan berbagai PTPN) dan swasta (nasional, internasional seperti Sinar Mas, Asian Agri, PT Antam, PT Arutmin), sehingga telah menjadi atasan dan memiliki staf  lulusan (S1) dari PS MSL (sebelumnya sebagai PS Ilmu Tanah). Alumni tersebut dapat mengisi kuesioner untuk menilai stafnya masing-masing.  Selain itu, pada acara Temu Alumni juga dilakukan diskusi langsung untuk mendapatkan kinerja para alumni (penekanan pada alumni baru yang dipekerjakan). Dalam temu alumni tersebut banyak diperoleh informasi terkait dengan kekurang-mampuan para lulusan terutama pada masa awal bekerja. Selain hasil dan rencana tindak lanjut sebagaimana disajikan pada tabel setelah uraian ini, hasil penting lain adalah adanya kekurang-mampuan atau “ketidak-betahan” lulusan baru untuk bekerja dan menguasai kondisi lapangan, walaupun kemampuan individu dan keilmuan sudah memadai.  Hal ini sering berakibat lulusan tersebut tidak melanjutkan bekerja atau berhenti setelah masa pelatihan/ magang berakhir.  Hasil pelacakan ini dipergunakan untuk memperbaiki berbagai hal yitu:

1.  Proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris, mahasiswa diberi tugas untuk membaca teks book yang berbahasa inggris yang kemudian didiskusikan bersama. Hal ini telah dilakukan di M.K. Survei dan Kesesuaian Lahan. Integritas terkait dengan etika dan moral seperti keterlambatan masuk kuliah, kemandirian dan kejujuran saat ujian, keuletan dalam belajar dan bekerja dsb. sering disinggung dalm kuliah. Hal ini perlu dilakukan untuk membangun karakter mahasiswa yang berakhlak. Alumni memberikan fasilitas berupa tempat untuk lokasi field trip, seperti perkebunan Buah Naga di Kaliurang Yogyakarya. Perkebunan Buah Naga ini milik alumni PS MSL.

2.  Penggalangan dana. Penggalangan dana dari alumni telah dilakukan untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu. Dana ini dikelola oleh sebuah lembaga di Dept. ITSL yang diberi nama “CRISIS CENTER”. Pada tahun 2011 terdapat 4 mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Crisis Center. Pada Temu alumni angkatan 18 (1981) yang dilaksanakan pada Sabtu 19 November 2011 telah dicapai kesepakatan untuk membangun usaha yang salah satu tujuannya adalah memberikan beasiswa mahasiswa PS MSL.

3.  Informasi pekerjaan seperti lowongan pekerjaan sering diperoleh dari alumni, baik melalui jalur formal (surat edaran) atau informal (via telpon, sms). Pernah terjadi wawancara seleksi dalam rangka pengrekrutan tenaga kerja dipercayakan oleh Dept. ITSL.,untuk beberapa perusahaan swasta.

Membangun jejaring telah terbentuk secara informal seperti facebook, twitter.

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015

Find Us

Twitter

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Guests Online

We have 41 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
1028825