Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Sunday September 24, 2017
Home  //  Bagian  //  Bagian  //  Pengembangan Sumberdaya Fisik Lahan
  • Register

Choose Language

Indonesian English

BERITA TERKINI

                                    

AUN-QA ASSESSMENT AT PROGRAM LEVEL

BOGOR, 30 May – 1 June 2017

Study Program of Land Resource Management - Faculty of Agriculture

Print
Email
Category: Bagian

Bagian Pengembangan Sumberdaya Fisik Lahan

 Kepala Bagian : Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MSc

 

Profil Bagian:

Merupakan kelompok penelitian yang mempelajari proses-proses pembentukan (genesis)  tanah, mengelompokan dan memetakan tanah sesuai dengan potensinya, serta menggali potensi lahan melalui kandungan mineral dan bahan tambang yang dikandungnya.

 

Mandat Bagian:

Pengembangan ilmu dan teknologi yang bertujuan untuk pengembangan lahan yang menyangkut :

  1. Penggunaan materi alami untuk peningkatan kualitas lahan dan lingkungan
  2. Proses-proses yang terjadi dalam materi/tubuh alami yang dipengaruhi lingkungan eksternalnya untuk peningkatan kualitas lahan, dan
  3. Pencirian, penggolongan dan inventarisasi tanah dan lahan yang memiliki diversitas baik dalam aspek alami maupun aspek penggunaannya akibat dari proses-proses yang terjadi untuk perencanaan penggunaan lahan

 

Ranah/ Ruang Lingkup:

  1.  Karakteristik berbagai bahan mineral dan mineraloid seperti zeolit, bentonit, batuan fosfat, kapur, kaolin dll dan pengembangan teknologi pemanfaatannya untuk memperbaiki kualitas lahan dan lingkungan (dengan dasar keilmuan Mineralogi Tanah dan Agrogeologi)
  2.  Karakteristik bahan organik, distribusinya pada berbagai jenis tanah, evolusi, dan pemanfaatan serta peranannya dalam peningkatan kualitas lahan dan lingkungan (dengan dasar keilmuan Bahan Organik Tanah)
  3.  Mempelajari proses-proses alami dan antropogenik yang terjadi di dalam tanah baik proses fisik, kimia, biologi maupun biokimia yang menyebabkan perbedaan sifat tanah dan perbedaan kualitasnya (dengan dasar keilmuan Genesis Tanah, dan Geografi Tanah)
  4.  Pengembangan keilmuan dan teknologi peningkatan kualitas lahan berdasarkan proses-proses yang telah, sedang, dan yang diprediksikan akan terjadi (dengan dasar keilmuan Genesis Tanah, Agrogeologi, Mineralogi Tanah, dan Bahan Organik Tanah)
  5.  Kegiatan karakterisasi dan pengembangan metodenya untuk berbagai jenis tanah (dengan dasar keilmuan Morfologi dan Klasifikasi Tanah, dan Survei Tanah)
  6.  Inventarisasi dan pemetaan sumberdaya lahan serta hubungan faktor lingkungan dengan sebaran dan penggunaan lahan (dengan dasar keilmuan Klasifikasi Tanah, Survei Tanah, dan Geografi Tanah)
  7.  Kegiatan klasifikasi tanah dan pengembangan sistem klasifikasinya baik secara alami maupun secara teknis untuk optimalisasi penggunaan lahan (dengan dasar keilmuan Klasifikasi Tanah)
  8.  Kegiatan evaluasi lahan dan pengembangan sistem serta kriteria evaluasi lahan untuk perencanaan tataguna lahan (dengan dasar keilmuan Evaluasi Lahan , dan Geografi Tanah)

 

Fokus Bagian:

Memfokuskan diri mempelajari proses-proses pembentukan (genesis)  tanah, mengelompokan dan memetakan tanah sesuai dengan potensinya, serta menggali potensi lahan melalui kandungan mineral dan bahan tambang yang dikandungnya.


Staf: Prof. Sudarsono | Prof. Budi Mulyanto | Dr. Basuki Sumawinata| Dr. Iskandar | Dr. Suwardi | Dr. Widiatmaka | Dr. Darmawan | Dr. Dyah Tj. Suryaningtyas | Hermanu Widjaja, MSc

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015

Find Us

Twitter

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Guests Online

We have 63 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
1081827