Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Tuesday December 12, 2017
Home  //  Bagian  //  Bioteknologi Tanah
  • Register

Choose Language

Indonesian English
Print
Email

Bioteknologi Tanah

Written by Super User
Category: Bagian

Bagian Bioteknologi Tanah

Kepala Bagian : Prof. Dr. Ir. Iswandi Anas, M.Sc.


Profil Bagian:

Merupakan kelompok penelitian yang mempelajari pengembangan ilmu biologi tanah yang berperan dalam menentukan sifat tanah dan pertumbuhan tanaman; pengembangan bioteknologi tanah melalui pemanfaatan organisme tanah dan hasil rekayasanya untuk memperbaiki kualitas tanah, pertumbuhan tanaman, bioremediasi dan biodetoksifikasi polutan tanah; pengembangan teknologi pemanfaatan organisme tanah melalui teknologi pupuk hayati dan composting; dan pengembangan ilmu biologi molekuler untuk mengkaji ekologi, keragaman hayati tanah, dinamika populasi, proses pertukaran genetik dan pelacakan serta dampak organisme rekayasa genetik di tanah.

 

Mandat Bagian:

Pengembangan ilmu Biologi Tanah (makro, meso, mikro biota tanah) yang berperan dalam menentukan sifat fisik, kimia, biologi tanah,dan pertumbuhan tanaman, serta ekologinya; Pengembangan Bioteknologi Tanah melalui pemanfaatan organisme tanah dan hasil rekayasanya.


Ranah/ Ruang Lingkup:

Segala kegiatan yang menyangkut pemanfaatan organisme (biota) tanah yang diikuti dengan proses-proses fisiologi, biokimia, dan hasil senyawa metabolismenya untuk perbaikan kualitas dan lingkungan tanah, pertumbuhan tanaman, bioremediasi, biodetoksifikasi berbagai polutan tanah; Juga kegiatan yang menyangkut teknologi pupuk hayati dan dekomposisi bahan organik (composting dan kualitasnya); Diperkuat juga dengan cakupan kegiatan ilmu biologi molekuler untuk mengkaji ekologi tanah, keragaman hayati tanah, dinamika populasi, proses pertukaran genetik dan pelacakannya, serta dampak organisme rekayasa genetika di tanah dan lingkungannya.


Fokus Bagian:

Memfokuskan pada pengembangan ilmu biologi tanah yang berperan dalam menentukan sifat tanah dan pertumbuhan tanaman; pengembangan bioteknologi tanah melalui pemanfaatan organisme tanah dan hasil rekayasanya untuk memperbaiki kualitas tanah, pertumbuhan tanaman, bioremediasi dan biodetoksifikasi polutan tanah; pengembangan teknologi pemanfaatan organisme tanah melalui teknologi pupuk hayati dan composting; dan pengembangan ilmu biologi molekuler untuk mengkaji ekologi, keragaman hayati tanah, dinamika populasi, proses pertukaran genetik dan pelacakan serta dampak organisme rekayasa genetik di tanah.


Staf: Prof. Iswandi Anas | Dr. Gunawan Djajakirana | Dr. Dwi Andreas Santosa | Dr. Rahayu Widyastuti | Fahrizal Hazra, MSc

Archives

Agenda

  • Fieldtrip Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Lahan Angkatan 53
  • Silaturahmi/ Temu Kangen Keluarga Besar Departemen Ilmu tanah dan Sumberdaya Lahan, Faperta IPB

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Guests Online

We have 65 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
999845

Find Us

Twitter

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015