Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Friday April 20, 2018
Home  //  Bagian  //  Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial
  • Register

Choose Language

Indonesian English
Print
Email
Category: Bagian

Bagian Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial

Kepala Bagian : Dr. Ir. Baba Barus, M.Sc.


Profil Bagian:

Merupakan kelompok penelitian yang mempelajari potensi lahan dari aspek spasial, dengan menggunakan teknologi informasi spasial (penginderaan jauh, SIG, GPS).


Mandat Bagian:

Pengembangan ilmu, teknologi geo-spasial yang berkaitan dengan penginderaan jauh dan sistem informasi spasial, dan teknik-teknik pemodelan/analisis statistik-spasial serta terapannya dalam hubungannya dengan inventarisasi, analisis, dan penyajian data dan informasi untuk kepentingan perencanaan, pengelolaan dan pemantauan pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan.


Ranah/ Ruang Lingkup:

Segala kegiatan yang menyangkut penggunaan  ilmu, teknologi geo-spasial: Penginderaan Jauh; Radar, Sistem Informasi Geografi (SIG); Geomorfologi dan Analisis Terrain; Kartografi; Database spasial; Geodesi; GPS; dan teknik-teknik pemodelan/analisis statistik-spasial, serta terapannya yang meliputi:

  1. Karakterisasi dan parameterisasi vegetasi/penuntup lahan dan landskap /biofisik berbasis  penginderaan jauh, dan pengembangan teknologi pemanfaatannya untuk perencanaan, pengelolaan dan pemantauan pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan
  2. Mempelajari dan mengembangkan teknik-teknik analisis citra digital, analisis SIG, dan pemodelan/analisis statistik spasial untuk meningkatkan pemanfaat data spasial untuk perencanaan, pengelolaan dan pemantauan pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan
  3. Pengembangan keilmuan dan teknologi geo-spatial seperti penginderaan jauh, dan sistem informasi spasial serta teknik-teknik pemodelan/analisis statistik-spasial
  4. Kegiatan karakterisasi dan pengembangan metode analisis terrain dan landskap
  5. Inventarisasi, dan pemetaan serta pemantauan pertanian, sumberdaya alam dan faktor lingkungan dengan pemanfaatan teknologi geo-spatial.
  6. Pengembangan keilmuan dan pemanfaatan ilmu kebumian dan proses-proses biofisiknya serta pengembangan dan peningkatkan teknik-teknik analisis dan interpretasi data penginderaan jauh.
  7. Pengembangan teknik-teknik integrasi teknologi geo-spasial, GPS, atribut bio-fisik, dan teknik-teknik pemodelan/analisis statistik spasial dalam suatu sistem untuk untuk perencanaan, pengelolaan dan pemantauan sumberdaya alam dan lingkungan serta pertanian cermat.


Fokus Bagian:

Bagian ini memfokuskan kajian dari aspek inventarisasi, analisis dan pemetaan sumberdaya lahan, baik secara  konvensional dan digital.

 

Staf: Dr. Baba Barus | Dr. Muhamad Ardiansyah | Dr. Boedi Tjahjono | Dr. Khursatul Munibah | Bambang H. Trisasongko

Arsip Berita

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Guests Online

We have 6 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
1152253

Find Us

Twitter

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015