Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Wednesday March 29, 2017
Home  //  Bagian  //  Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial
  • Register

Choose Language

Indonesian English
Print
Email
Category: Bagian

Bagian Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial

Kepala Bagian : Dr. Ir. Baba Barus, M.Sc.


Profil Bagian:

Merupakan kelompok penelitian yang mempelajari potensi lahan dari aspek spasial, dengan menggunakan teknologi informasi spasial (penginderaan jauh, SIG, GPS).


Mandat Bagian:

Pengembangan ilmu, teknologi geo-spasial yang berkaitan dengan penginderaan jauh dan sistem informasi spasial, dan teknik-teknik pemodelan/analisis statistik-spasial serta terapannya dalam hubungannya dengan inventarisasi, analisis, dan penyajian data dan informasi untuk kepentingan perencanaan, pengelolaan dan pemantauan pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan.


Ranah/ Ruang Lingkup:

Segala kegiatan yang menyangkut penggunaan  ilmu, teknologi geo-spasial: Penginderaan Jauh; Radar, Sistem Informasi Geografi (SIG); Geomorfologi dan Analisis Terrain; Kartografi; Database spasial; Geodesi; GPS; dan teknik-teknik pemodelan/analisis statistik-spasial, serta terapannya yang meliputi:

  1. Karakterisasi dan parameterisasi vegetasi/penuntup lahan dan landskap /biofisik berbasis  penginderaan jauh, dan pengembangan teknologi pemanfaatannya untuk perencanaan, pengelolaan dan pemantauan pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan
  2. Mempelajari dan mengembangkan teknik-teknik analisis citra digital, analisis SIG, dan pemodelan/analisis statistik spasial untuk meningkatkan pemanfaat data spasial untuk perencanaan, pengelolaan dan pemantauan pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan
  3. Pengembangan keilmuan dan teknologi geo-spatial seperti penginderaan jauh, dan sistem informasi spasial serta teknik-teknik pemodelan/analisis statistik-spasial
  4. Kegiatan karakterisasi dan pengembangan metode analisis terrain dan landskap
  5. Inventarisasi, dan pemetaan serta pemantauan pertanian, sumberdaya alam dan faktor lingkungan dengan pemanfaatan teknologi geo-spatial.
  6. Pengembangan keilmuan dan pemanfaatan ilmu kebumian dan proses-proses biofisiknya serta pengembangan dan peningkatkan teknik-teknik analisis dan interpretasi data penginderaan jauh.
  7. Pengembangan teknik-teknik integrasi teknologi geo-spasial, GPS, atribut bio-fisik, dan teknik-teknik pemodelan/analisis statistik spasial dalam suatu sistem untuk untuk perencanaan, pengelolaan dan pemantauan sumberdaya alam dan lingkungan serta pertanian cermat.


Fokus Bagian:

Bagian ini memfokuskan kajian dari aspek inventarisasi, analisis dan pemetaan sumberdaya lahan, baik secara  konvensional dan digital.

 

Staf: Dr. Baba Barus | Dr. Muhamad Ardiansyah | Dr. Boedi Tjahjono | Dr. Khursatul Munibah | Bambang H. Trisasongko

Find Us

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015

Twitter

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Guests Online

We have 100 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
909875
adi sucipto ngrumpi reportase pers