Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Tuesday June 27, 2017
Home  //  PROGRAM  //  Program Studi Magister (S2)  //  Daerah Aliran Sungai  //  Visi, Misi dan Tujuan
  • Register

Choose Language

Indonesian English

BERITA TERKINI

                                    

AUN-QA ASSESSMENT AT PROGRAM LEVEL

BOGOR, 30 May – 1 June 2017

Study Program of Land Resource Management - Faculty of Agriculture

Print
Email

Visi, Misi dan Tujuan

Written by Super User
Category: PS S2 DAS

Visi
PS DAS sebagai komunitas pendidikan Pascasarjana serta program pengkajian dan pengembangan ilmu dan teknologi di bidang pengelolaan DAS yang berkualitas tinggi dan sebagai pusat kepakaran dalam mencari solusi IPTEKS dalam permasalahan aktual pengelolaan DAS.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis penelitian untuk menghasilkan sumberdaya manusia (lulusan) yang mandiri dan berkualitas tinggi, berkemampuan menemukan, mengembangkan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam perencanaan penggunaan sumberdaya alam seperti sumberdaya hayati, tanah, dan air secara rasional dengan pendekatan analisis sistem dimana DAS dijadikan sebagai unit perencanaan sehingga bermanfaat bagi manusia dan  pembangunan/pengembangan daerah aliran sungai secara berkelanjutan.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama yang relevan dalam perencanaan penggunaan sumberdaya alam (hayati, tanah, dan air) agar pemanfaatan sumberdaya alam di dalam DAS dapat dilakukan secara berkelanjutan. 
  3. Mengembangkan konsep-konsep perencanaan dan pemanfaatan sumberdaya alam (hayati, tanah, dan air) secara komprehensif agar PS DAS mampu menjadi penentu dan penggerak pembangunan yang berkelanjutan di seluruh DAS untuk kesejahteraan manusia dan kelestarian sumberdaya alam DAS.
  4. Menyediakan keahlian (experts) untuk bersama-sama instansi terkait mencari solusi Ipteks praktis dalam pemecahan masalah-masalah terkait dengan pengelolaan DAS seperti penanggulangan banjir dan kekeringan.

Tujuan

  1. Menghasilkan ilmuwan magister sains (MSi) yang dilandasi oleh etika dan moral akademik yang terpuji; ahli dibidang pengelolaan DAS; mampu merencanakan pemanfaatan sumberdaya alam (hayati, tanah, air) di seluruh DAS secara  rasional; dan mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi pengelolaan DAS sehingga teknologi/agroteknologi yang diterapkan di seluruh DAS dapat memberikan produktivitas dan pendapatan yang tinggi kepada masyarakat, erosi yang terjadi lebih kecil dari erosi yang dapat ditoleransikan, tidak terjadi banjir di musim hujan dan tidak terjadi kekeringan di musim kemarau.
  2. Menghasilkan ilmu dan teknologi Pengelolaan DAS yang inovatif untuk menciptakan kondisi DAS yang mampu memanfaatkan sumberdaya alam DAS (hayati, tanah, dan air) secara optimal dan berkelanjutan sehingga dapat mempercepat proses pembaharuan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pengelolaan DAS.
  3. Menjadikan PS DAS sebagai pusat pengembangan ilmu dan teknologi pengelolaan DAS.  Menjadi penentu kecenderungan dan penggerak pembangunan yang berkelanjutan di seluruh DAS yang dicirikan oleh tinggi dan meratanya produktivitas dan pendapatan masyarakat, tercapainya kualitas dan kuantitas aliran sungai yang baik, distribusi aliran sungai relatif merata sepanjang tahun, dan erosi di seluruh DAS lebih kecil dari erosi yang dapat ditoleransikan.

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015

Find Us

Twitter

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Guests Online

We have 70 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
996516