Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Sunday May 28, 2017
Home  //  PROGRAM  //  Program Studi S1 MSL
  • Register

Choose Language

Indonesian English

BERITA TERKINI

                                    

AUN-QA ASSESSMENT AT PROGRAM LEVEL

BOGOR, 30 May – 1 June 2017

Study Program of Land Resource Management - Faculty of Agriculture

Print
Email

Program Studi S1 MSL

Written by Super User
Category: PS Sarjana

Tanah dan lahan adalah bagian sumberdaya alam penting bagi kehidupan dan menjadi tumpuan bagi tersedianya sumberdaya alam lain seperti air dan hutan. Penggunaan/pengelolaan tanah dan lahan yang tidak sesuai telah mengubah bahkan merusak fungsinya. Kepentingan jangka pendek tidak jarang menimbulkan bencana bagi kemanusiaan, seperti banjir, erosi, longsor dan pencemaran. Mempelajari keberadaan dan pengolahannya merupakan tantangan yang sangat menarik, selain sebagai sarana pengembangan diri dalam kaitannya sebagai ”manajer” di bumi juga untuk membantu mensejahterakan dan mempertahankan eksistensi umat manusia.

Nama program studi sarjana di Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan (DITSL) adalah Manajemen Sumberdaya Lahan (sebelumnya disebut program studi Ilmu Tanah). Disini dipelajari berbagai aspek tanah dan lahan baik sebagai media tumbuh beraneka ragam vegetasi juga sebagai media tumpuan bagi komponen lingkungan. Tanah dan teknik pengelolaannya dipelajari melalui kurikulum sistematis, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Visi DITSL:  Menjadi pusat keutamaan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang sumberdaya lahan, ilmu dan teknologi tanah untuk mendukung pengembangan pertanian dan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Tujuan Pendidikan Program Studi MSL:  (1) Menghasilkan sarjana pertanian yang menguasai ilmu tanah dan sumberdaya lahan, mampu meramu cara-cara menyelesaikan masalah-masalah penggunaan dan pengelolaan tanah dan lahan secara ekonomis dengan tetap bersandar pada kaidah kelestarian lingkungan;                (2) Menghasilkan ilmu dan teknologi tanah dan sumberdaya lahan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah penggunaan dan pengelolaan tanah dan lahan untuk mendukung petanian berkelanjutan, kelestarian lingkungan dan pembangunan nasional berkelanjutan; (3) Membantu masyarakat dan pemerintah dalam pemecahan masalah tanah dan sumberdaya lahan untuk mempercepat pembangunan nasional berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat; (4) Menghasilkan dan menerapkan sistem manajemen program studi yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, bermutu, dan berprestasi internasional.

Kelompok Penelitian

Mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir dapat memilih satu diantara enam kelompok penelitian yang disebut sebagai Bagian.

Bagian Pengembangan Sumberdaya Fisik Lahan, merupakan kelompok penelitian yang memfokuskan diri mempelajari proses-proses pembentukan (genesis)  tanah, mengelompokan dan memetakan tanah sesuai dengan potensinya, serta menggali potensi lahan melalui kandungan mineral dan bahan tambang yang dikandungnya.

Bagian Kimia dan Kesuburan Tanah, merupakan kelompok penelitian yang mempelajari fenomena-fenomena kimiawi tanah untuk menggali potensi tanah sebagai media tumbuh beragam vegetasi di atasnya, serta meramu teknik pengelolaannya secara berkelanjutan termasuk aspek lingkungan dan nutrisi tanaman, demi kesejahteraan manusia.

Bagian Konservasi Tanah dan Air, merupakan kelompok penelitian yang mempelajari potensi fisik tanah sebagai landasan atau media tempat  berlangsungnya proses-proses yang terjadi di dalam maupun di atas tanah  baik sebagai media berdirinya vegetasi maupun bangunan fisik lainnya, mempelajari fenomena sirkulasi air di bumi dan cara mensiasatinya untuk kepentingan manusia secara aman, dan membangun teknologi untuk menyelamatkan lahan dari kerusakan.

Bagian Bioteknologi Tanah, merupakan kelompok penelitian yang memfokuskan dalam pengembangan ilmu biologi tanah yang berperan dalam menentukan sifat tanah dan pertumbuhan tanaman; pengembangan bioteknologi tanah melalui pemanfaatan organisme tanah dan hasil rekayasanya untuk memperbaiki kualitas tanah, pertumbuhan tanaman, bioremediasi dan biodetoksifikasi polutan tanah; pengembangan teknologi pemanfaatan organisme tanah melalui teknologi pupuk hayati dan composting; dan pengembangan ilmu biologi molekuler untuk mengkaji ekologi, keragaman hayati tanah, dinamika populasi, proses pertukaran genetik dan pelacakan serta dampak organisme rekayasa genetik di tanah.

Bagian Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial, merupakan kelompok penelitian yang mempelajari potensi lahan dari aspek spasial, dengan menggunakan teknologi informasi spasial (penginderaan jauh, SIG, GPS). Bagian ini memfokuskan kajian dari aspek inventarisasi, analisis dan pemetaan sumberdaya lahan, baik secara  konvensional dan digital.

Bagian Perencanaan Pengembangan Wilayah, merupakan kelompok penelitian yang memfokuskan pada analisis, perencanaan dan pengembangan sumberdaya lahan, penataan ruang dan wilayah bagi tercapainya tujuan-tujuan pembangunan yang produktif, berkelanjutan dan berkeadilan.

Status Akreditasi PS MSL 

Download Leaflet

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015

Find Us

Twitter

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Guests Online

We have 94 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
963672