Visi : Menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat pada bidang ilmu-ilmu tanah dan sumberdaya lahan serta teknologi pengelolaannya untuk mendukung pertanian berkelanjutan, kelestarian lingkungan dan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Misi : Mengembangkan sumberdaya manusia dan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam pemanfaatan tanah dan lahan secara arif untuk berbagai penggunaan demi kesejahteraan masyarakat.

Uraian misi tersebut untuk pengembangan Tridarma adalah:

  1. Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan mampu mengantarkan mahasiswa menjadi manusia yang dapat memanfaatkan tanah secara arif untuk berbagai penggunaan demi kesejahteraan masyarakat
  2. Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan mampu menyelesaikan berbagai masalah tanah dan lahan sekaligus menjadi pusat keilmuan dalam domain ilmu tanah.
  3. Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan mampu menjadi agen pemercepat transfer teknologi dalam upaya pemanfaatan tanah secara arif untuk berbagai penggunaan demi kesejahteraan masyarakat.

Tujuan  : 

  1. Menghasilkan ahli manajemen lahan yang paham akan pengertian-pengertian dasar ilmu tanah dan lahan, mampu mengidentifikasi, menganalisis, menjelaskan, memprediksi, dan merumuskan cara-cara penyelesaian masalah yang berhubungan dengan pemanfaatan tanah dan lahan.
  2. Menemukan, mengembangkan, menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi tanah serta sistem manajemen sumberdaya lahan yang mendasari sumberdaya tumbuhan, hewan, dan jasad renik yang berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat.

Mandat  :

Pengembangan Ilmu dan Teknologi Tanah dan Lahan dilihat dari segi biofisik dan ruang yang meliputi pencirian, penggolongan, inventarisasi dan proses-proses yang terjadi, serta perencanaan pemanfaatan dan pengelolaan tanah lahan yang berkelanjutan.