Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Wednesday September 20, 2017
Home  //  PROFIL  //  Tupoksi
  • Register

Choose Language

Indonesian English
Print
Email

Tupoksi

Written by Super User
Category: Departemen

Tupoksi Ketua dan Sekretaris Departemen ditetapkan dengan SK Rektor IPB No. 148/I3/OT/2009.  Tugas Pokok Ketua Departemen adalah mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik di tingkat departemen baik untuk Program Pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2) maupun Doktor (S3), dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh bagian dalam rangka mencapai keunggulan akademik (academic excellence).  Fungsi Ketua Departemen adalah: (1) mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan mandat, dan mayor yang ditawarkan oleh departemen; (2) mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh bagian sesuai dengan mandat departemen; dan (3) melaksanakan manajemen departemen yang meliputi pembinaan tenaga pendidik (dosen), kegiatan profesi mahasiswa, dan pelaksanaan kerjasama akademik dengan mitra kerja.  Selanjutnya Rincian Tugas Ketua Departemen adalah: (a) menyusun rencana dan program kerja departemen; (b) mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan mandat, dan mayor yang ditawarkan oleh departemen yang meliputi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; (c) mengevaluasi kegiatan akademik departemen (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat); (d) mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh bagian sesuai dengan mandat departemen; (e) membina kegiatan dan organisasi profesi mahasiswa di departemen; (f) melaksanakan kerjasama akademik dengan mitra kerja; (g) mengarahkan Sekretaris Departemen dalam pelaksanaan manajemen departemen; (h) membina tenaga pendidik (dosen) di departemen; (i) menyusun rencana biaya operasional tahunan dan laporan kegiatan departemen sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  

Tugas Pokok Sekretaris Departemen adalah membantu Ketua Departemen dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik di tingkat departemen, pengembangan keilmuan bagian, dan melaksanakan manajemen departemen dalam rangka meningkatkan kinerja dan kelancaran pelaksanaan kegiatan departemen.  Fungsi Sekretaris Departemen adalah (1) membantu Ketua Departemen dalam mengkoordinasikan pelaksaan kegiatan akademik yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan mandat, dan mayor yang ditawarkan oleh departemen; (2) membantu Ketua Departemen dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh bagian di lingkungan departemennya sesuai dengan mandat departemen; dan (3) melaksanakan manajemen departemen yang meliputi pembinaan tenaga kependidikan, administrasi departemen, dan penanganan kebersihan, ketertiban dan keamanan di lingkungan departemen.  Adapun Rincian Tugas Sekretaris Departemen adalah: (a) membantu atau mewakili Ketua Departemen dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik departemen, pengembangan keilmuan bagian dan kegiatan kemahasiswaan, pelaksanaan kerjasama akademik dengan mitra kerja, dan pelaksanaan tugas manajemen lainnya yang menjadi tanggung jawab Ketua Departemen; (b) mengarahkan Kepala Tata Usaha Departemen dalam penataan dan pelaksanaan administrasi departemen; (c) membina tenaga kependidikan di departemen; dan (d) mengarahkan Kepala Tata Usaha Departemen dalam penanganan kebersihan, ketertiban dan keamanan di lingkungan departemen.

Departemen membawahi bagian sebagai unsur pelaksana kegiatan akademik di departemen.  Sesuai SK Rektor IPB No. 126/I3/OT/2008 terdapat 6 (enam) Bagian di DITSL, yaitu (1) Bagian Pengembangan Sumberdaya Fisik Lahan, (2) Bagian Kimia dan Kesuburan Tanah, (3) Bagian Konservasi Tanah dan Air, (4) Bagian Bioteknologi Tanah, (5) Bagian Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial, dan (6) Bagian Perencanaan Pengembangan Wilayah.  Tugas, fungsi dan wewenang bagian dan Kepala Bagian diatur oleh SK Rektor IPB No. 178/K13/OT/2005.

Tata Usaha Departemen merupakan unsur pelaksana administrasi di tingkat departemen, dipimpin oleh seorang Kepala Tata Usaha (KTU).  KTU Departemen bertanggung jawab kepada Sekretaris Departemen.  Tugas Pokok dan Fungsi Tata Usaha Departemen ditetapkan dalam SK Rektor IPB No. 149/I3/OT/2009. Pengangkatan KTU DITSL saat ini adalah berdasarkan SK Rektor IPB No. 158/I3/KP/2008, dan Tugas Pokok dan Fungsi Tata Usaha Departemen ditetapkan dalam SK Rektor IPB No. 149/I3/OT/2009.  Urusan administrasi di DITSL terbagi 3 (tiga), yaitu (1) administrasi kependidikan dan kemahasiswaan, (2) administrasi umum dan kepegawaian, dan (3) administrasi keuangan.  

Pembentukan komisi departemen dan pengaturannya ditetapkan sesuai dengan SK Rektor IPB No. 148/K13/OT/2004.  Pada kepengurusan DITSL periode 2009-2013 ini, komisi-komisi pada DITSL adalah (1) komisi pendidikan, (2) komisi penelitian, (3) komisi kerjasama dan promosi, (4) komisi laboratorium dan studio, (5) komisi kemahasiswaan dan hubungan alumni, dan (6) komisi publikasi dan kepustakaan.  Selain komisi-komisi, pada struktur organisasi DITSL dibentuk juga satu dewan, yaitu Dewan Pertimbangan yang terdiri dari unsur guru besar dan unsur kepala bagian.  Dewan ini memberikan pertimbangan kepada Pimpinan DITSL terutama dalam fungsi pengambilan keputusan.

Komisi Pendidikan mengelola administrasi pendidikan di DITSL.  Komisi ini secara bertahap mencakup semua strata S1, dan S2/S3.  Beberapa tugas pokok dari komisi pendidikan adalah sebagai berikut: (1) Alokasi pembimbing akademik dan pembimbing skripsi, tesis dan disertasi; (2) Perbaikan sistem penyelenggaraan seminar dan merumuskan panduan pelaksanaan seminar  dan Kolokium; (3) Monitoring kegiatan proses belajar mengajar, pengisian KRS dan pengumpulan nilai; (4) Mengelola sistem informasi akademik Departemen ITSL (sistem informasi kependidikan yang multistrata); (5) Evaluasi dan perbaikan penyelenggaraan Kuliah Kerja Profesi (KKP).

Komisi Penelitian bertindak sebagai fasilitator ataupun aspek koordinasi kegiatan penelitian. Menjadi tugas Komisi Penelitian untuk dapat meningkatkan motivasi kegairahan meneliti bagi staf di DITSL. Beberapa tugas pokoknya adalah: (1) Menyediakan informasi sumber dana, persyaratan-persyaratan pengajuan proposal, batas akhir waktu penyerahan proposal dan kemungkinan alasan penolakan proposal yang diajukan; (2) Mengundang pembicara yang dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam mengajukan proposal, memberikan inspirasi masalah yang akan diteliti dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam pengajuan proposal; (3) Menentukan penelitian payung Departemen ITSL seperti telah dituangkan dalam renstra departemen; (4) Pendataan hasil-hasil penelitian dan peningkatan sosialisai berita-berita penelitian.

Komisi Kerjasama dan Promosi secara garis besar mempunyai  fungsi yang meliputi pembuatan program dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak khususnya dalam kegiatan aplikasi hasil riset maupun kompetensi keahlian di dalam departemen sehingga terdapat sinergi yang saling menguntungkan dan dalam jangka panjang dapat memperbaiki sistem pendidikan secara keseluruhan. Komisi ini juga bertugas untuk mempromosikan keunggulan-keunggulan DITSL. Secara garis besar, tugas pokok Komisi Kerjasama dan Promosi adalah: (1) Melakukan penyempurnaan tatakrama kerjasama di lingkungan departemen; (2) Pembuatan brosur tentang informasi layanan dan kursus/penelitian yang dapat diselenggarakan departemen; (3) Melakukan kerjasama analisis tanah, air, tanaman, pupuk maupun citra penginderaan jauh dengan berbagai instansi; (4) Melakukan kerjasama pelatihan-pelatihan dan kursus; (5) Melakukan kerjasama studi/kajian.

Komisi Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni secara garis besar mempunyai  tugas pokok yang meliputi: (1) Pembinaan mahasiswa baru, dibantu oleh HMIT (Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah); (2) Pembinaan mahasiswa meliputi berbagai program kegiatan PKM, dan program kreativitas mahasiswa lainnya; (3) Pengembangan minat mahasiswa yang meliputi olah raga, kesenian dan kegiatan-kegiatan lain; (4) Kegiatan alumni dengan menjalin informasi antara lain melalui Internet.

Komisi Publikasi dan Kepustakaan secara garis besar mempunyai  tugas pokok yang meliputi pengembangkan program terkait dengan publikasi hasil riset, diktat, buku dan lainnya, melalui jurnal atau lainnya,  yang merupakan karya staf pengajar di Detemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan. Komisi ini juga mengembangkan sistem kepustakaan dan melakukan koleksi berbagai dokumen yang relevan dengan pendidikan ilmu tanah secara umum.

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015

Find Us

Twitter

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Guests Online

We have 63 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
1076094