• soil_dept@apps.ipb.ac.id
  • 0251-8629-360
Follow Us :
Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan
  • Beranda
  • Tentang ITSL
  • Akademik
  • Publikasi
  • Mahasiswa
  • Alumni
  • PMB
  • Akreditasi
  • SDGs

Akademik ITSL

  • Home
  • Akademik ITSL
Sarjana
Magister
Doktor
Peraturan Akademik
Sarjana
  • Profil
  • Akreditasi PS MSL
  • Visi, Misi dan Tujuan
  • Kompetensi Lulusan
  • CPL/Learning Outcome
  • Kurikulum
  • Jadwal Kuliah
  • Download Leaflet

 

Magister

Magister Ilmu Tanah:

  • Profil
  • Akreditasi PS MSL
  • Visi, Misi dan Tujuan
  • Kompetensi Lulusan
  • CPL/Learning Outcome
  • Kurikulum
  • Jadwal Kuliah
  • Download Leaflet

Magister Daerah Aliran Sungai:

  • Profil
  • Akreditasi PS MSL
  • Visi, Misi dan Tujuan
  • Kompetensi Lulusan
  • CPL/Learning Outcome
  • Kurikulum
  • Jadwal Kuliah
  • Download Leaflet

Magister Agroteknologi Tanah:

  • Profil
  • Akreditasi PS MSL
  • Visi, Misi dan Tujuan
  • Kompetensi Lulusan
  • CPL/Learning Outcome
  • Kurikulum
  • Jadwal Kuliah
  • Download Leaflet

Magister Bioteknologi Tanah dan Lingkungan:

  • Profil
  • Akreditasi PS MSL
  • Visi, Misi dan Tujuan
  • Kompetensi Lulusan
  • CPL/Learning Outcome
  • Kurikulum
  • Jadwal Kuliah
  • Download Leaflet

Magister Ilmu Perencanaan Wilayah:

  • Profil
  • Akreditasi PS MSL
  • Visi, Misi dan Tujuan
  • Kompetensi Lulusan
  • CPL/Learning Outcome
  • Kurikulum
  • Jadwal Kuliah
  • Download Leaflet
Doktor

Doktor Ilmu Tanah:

  • Profil
  • Akreditasi PS MSL
  • Visi, Misi dan Tujuan
  • Kompetensi Lulusan
  • CPL/Learning Outcome
  • Kurikulum
  • Jadwal Kuliah
  • Download Leaflet
Peraturan Akademik

POB Program Sarjana:

POB Perkuliahan
POB Praktikum
POB Pengajuan Karya Ilmiah
POB Pengesahan Karya Ilmiah
POB Seminar
POB Ujian Akhir
POB Penelitian

POB Pascasarjana:

POB 01 Seleksi Mahasiswa Baru
POB 02 Pendaftaran Ulang Mahasiswa
POB 03 Penyelenggaraan Mata Kuliah
POB 04 Pembatalan dan atau Penambahan Mata Kuliah
POB 05 Penetapan Komisi Pembimbing
POB 06 Sidang Komisi Pembimbing
POB 07 Ujian Kualifikasi Program Doktor
POB 08 Kolokium
POB 09 Pelaksanaan Penelitian
POB 10 Evaluasi Kemajuan Studi
POB 11 Seminar
POB 12 Ujian Akhir Program Magister
POB 13 Ujian Tertutup Program Doktor
POB 14 Ujian Terbuka Program Doktor
POB 15 Penetapan Kelulusan
POB 16 Pindah Program Studi
POB 17 Cuti Akademik
POB 18 Pembukaan Program Studi Baru
POB 19 Penutupan Program Studi
POB 20 Perubahan Komisi Pembimbing

Reputasi Akademik
Fasilitas Penunjang
Peluang Kerja
Penelitian & PPM
Reputasi Akademik
  • Anggota Asosiasi Internasional
  • Daftar Tamu Asing
  • Daftar Kerjasama
  • Reviewer Jurnal Internasional
  • Event Internasional
  • Mobilitas Dosen dan Mahasiswa
  • Internasional Joint Research
Fasilitas Penunjang

Prasarana:

No. Jenis Prasarana Jumlah Unit Total Luas (m2)
1 Ruang kelas 27 unit 4031
2 Kantor 1 unit 450
3 Perpustakaan (Departemen) 1 unit 121
4 Ruang Laboratorium 20 unit 3144
5 Studio 1 unit 15
6 Museum Tanah 1 unit 32
7. Ruang Diskusi 11 unit 625
8. Rumah kaca 5 unit 5x(8×20)
9. Kebun percobaan 1 blok 2,4 ha
10. Toilet 36 unit 5
11. Ruang Himpunan Mahasiswa (Departemen) 1 unit 10
12. Student centre 1 unit 300
13. Kantin 6 unit 100
14. Poliklinik IPB 1 unit 200
15. Mesjid IPB 1 unit 625
16. Musholla DITSL 1 unit 50
17. Asrama IPB 6 unit 2400
18. Gymnasium 1 unit 600
19. GOR Lama 1 unit 400

Pustaka:

Jenis Pustaka Jumlah Judul Jumlah Copy
(1) (2) (3)
Buku teks 1343 2604
Jurnal Nasional yang Terakreditasi DIKTI 8 >100
Jurnal Nasional Terakreditasi Non-DIKTI 3 –
Jurnal nasional yang tidak terakreditasi 90 222
Jurnal internasional 32 908
Prosiding (minimal 9) 52 52
Skripsi/Tesis 2366 4278
Disertasi 90 93
Lain-lain 290 364
TOTAL 4226 8518

*) data Pustaka Pada Tahun 2012

Fasilitas Internet:

Untuk melayani informasi yang lengkap dan mutakhir kepada mahasiswa, IPB memiliki perpustakaan yang terkatagori 5 besar di Indonesia yang dilengkapi dengan IPB electronic library. Cyber Mahasiswa dengan 800 komputer, sistem jaringan serat optik dan hot-spot untuk mengakses internet di beberapa lokasi kampus.

Taman:

Taman/plaza rektorat. Taman ini terletak tidak jauh dari gedung rektorat. Ada air mancur dengan emblem IPB, ada juga taman bunga, rumah kaca, dan kursi-kursi taman. Tempat ini sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak SMA, keluarga, atau juga tempat praktikum mahasiswa dari mayor arsitektur lanskap. Sekedar informasi, taman dan juga lapangan rektorat adalah tempat yang cukup ramai di hari Minggu. Banyak warga sekitar kampus IPB Darmaga juga mahasiswa yang berolahraga atau sekedar bercengkrama disini.

Unsur Penunjang:
  • Perpustakaan
  • Agroedutourism
  • University Farm (UF)
  • Unit Pelatihan Bahasa
  • Laboratorium Kimia Terpadu
  • Green TV
  • Asrama Mahasiswa TPB
  • Olahraga dan Seni
  • Unit Keamanan Kampus
  • Poliklinik
  • Unit Layanan Pengadaan
  • Kantin (Zea Mays, Makjan, Mandala, Sapta, Fapet, Fpik, dll
  • Parkir (lokasi parkir motor diatur di 4 titik, yaitu GWW, seberang GreenTV, parkiran Fapet, & Menwa)
  • Unit Arsip
Peluang Kerja

Lulusan Dapat Bekerja Di Bidang Pertanian, Badan Pertanahan, Perkebunan, Surveyor Tanah, Peneliti, Departemen Lingkungan Hidup, Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Pertambangan, Perusahaan Swasta, dosen/staf pengajar, dll.

Studi pelacakan untuk mengevaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada pengguna lulusan, diikuti dengan komunikasi menggunakan fax, telepon dan email.  Kami juga memanfaatkan kegiatan Temu Alumni (Pulang Kandang) untuk mendistribusikan kuesioner kepada alumni yang memiliki staf alumni MSL. Temu Alumni (Pulang Kandang) yang terakhir dilaksanakan pada Juni 2010. Sebagian dari alumni telah menduduki sebuah jabatan di beberapa instansi pemerintah (Dept. Pertanian, BPTP Lampung, Balai Besar Penelitian Padi, Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian, PPKS Medan, dan berbagai PTPN) dan swasta (nasional, internasional seperti Sinar Mas, Asian Agri, PT Antam, PT Arutmin), sehingga telah menjadi atasan dan memiliki staf  lulusan (S1) dari PS MSL (sebelumnya sebagai PS Ilmu Tanah). Alumni tersebut dapat mengisi kuesioner untuk menilai stafnya masing-masing.  Selain itu, pada acara Temu Alumni juga dilakukan diskusi langsung untuk mendapatkan kinerja para alumni (penekanan pada alumni baru yang dipekerjakan). Dalam temu alumni tersebut banyak diperoleh informasi terkait dengan kekurang–mampuan para lulusan terutama pada masa awal bekerja. Selain hasil dan rencana tindak lanjut sebagaimana disajikan pada tabel setelah uraian ini, hasil penting lain adalah adanya kekurang-mampuan atau “ketidak-betahan” lulusan baru untuk bekerja dan menguasai kondisi lapangan, walaupun kemampuan individu dan keilmuan sudah memadai.  Hal ini sering berakibat lulusan tersebut tidak melanjutkan bekerja atau berhenti setelah masa pelatihan/ magang berakhir.  Hasil pelacakan ini dipergunakan untuk memperbaiki berbagai hal yitu:

  1. Proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris, mahasiswa diberi tugas untuk membaca teks book yang berbahasa inggris yang kemudian didiskusikan bersama. Hal ini telah dilakukan di M.K. Survei dan Kesesuaian Lahan. Integritas terkait dengan etika dan moral seperti keterlambatan masuk kuliah, kemandirian dan kejujuran saat ujian, keuletan dalam belajar dan bekerja dsb. sering disinggung dalm kuliah. Hal ini perlu dilakukan untuk membangun karakter mahasiswa yang berakhlak. Alumni memberikan fasilitas berupa tempat untuk lokasi field trip, seperti perkebunan Buah Naga di Kaliurang Yogyakarya. Perkebunan Buah Naga ini milik alumni PS MSL.
  2. Penggalangan dana. Penggalangan dana dari alumni telah dilakukan untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu. Dana ini dikelola oleh sebuah lembaga di Dept. ITSL yang diberi nama “CRISIS CENTER”. Pada tahun 2011 terdapat 4 mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Crisis Center. Pada Temu alumni angkatan 18 (1981) yang dilaksanakan pada Sabtu 19 November 2011 telah dicapai kesepakatan untuk membangun usaha yang salah satu tujuannya adalah memberikan beasiswa mahasiswa PS MSL.
  3. Informasi pekerjaan seperti lowongan pekerjaansering diperoleh dari alumni, baik melalui jalur formal (surat edaran) atau informal (via telpon, sms). Pernah terjadi wawancara seleksi dalam rangka pengrekrutan tenaga kerja dipercayakan oleh Dept. ITSL.,untuk beberapa perusahaan swasta.

Membangun jejaring telah terbentuk secara informal seperti facebook, twitter.

Penelitian & PPM
  • Payung Penelitian
  • Kegiatan Penelitian
  • Daftar Peneliti Asing
  • Fokus Kegiatan PPM
  • Kegiatan PPM
  • Rekapitulasi Penelitian dan PPM
  • Daftar Inovasi
  • Daftar HKI
  • Daftar Teaching Farm
  • Daftar Desa Binaan

Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan – Fakultas Pertanian IPB University

 

Arsip

  • Januari 2023
  • Desember 2022
  • September 2022
  • Juli 2022

Link

  • Language
  • WordPress
  • Privacy
  • FAQs
  • Support

Alamat Kami

Jl. Meranti, Kampus IPB Darmaga Bogor 16680 West Java, Indonesi.

+62 251-8629-360
soil_dept@apps.ipb.ac.id
https://soil.ipb.ac.i
…

© 2022 ITSL - Faperta IPB University